Minggu, 13 Oktober 2013

Dinasty Umayyah

DINASTY UMAYYAH (662-750)

Dinasty Umayyah didirikan pada tahun 662M ole Muawiyah bin Abu Sofyan , ia adalah anak dari Abu Sofyan pemuka kaum Quraisy sekaligus musuh dari Nabi Muhammad SAW , Abu sofyan masuk islam ketika terjadi penaklukan kota Mekkah oleh Nabi Muhammad SAW dan ribuan pengikutnya . Sementara nama Dinasty Umayyah sendiri diambil dari Umayyah bin Abdi Syams bin Abdi Manaf .
Pada tahun 40H/660M tejadi pertikaian di dalam kaum muslimin puncaknya ketika Khalifah Ali bin Abu Thalib di bunuh oleh Ibnu Muljam salah seoarang dari kaum Khawarij . Ketika itu Hasan bin Ali di nobatkan sebagai Khalifah namun di tentang oleh Muawiyah bin Abu Sofyan dan dia menobatkan dirinya sendiri sebagai Khalfah . Namun karena Hasan bin Ali terlalu lemah sementara Muawiyah kuat maka Hasan pun menyerahkan keKhalifahannya kepada Muawiyah bin Abu Sofyan dan dari situ berdiri lah Dinasty Umayyah .
Kemajuan Dinasti Umayyah dilakukan dengan ekspansi, sehingga menjadi negara islam yang  besar dan luas. Dan Dinasty Umayyah mencapai masa keemasannya pada masa keKhalifahan Umar bin Abdul Azis . Dan masa kehancuran atau runtuhnya Dinasty Umayyah pada masa keKhalifahan Ibrahim bin Al Walid . Ketika Dinasty Umayyah runtuh munculah Dinasty baru Dinasty Abassiyah .

Dinasty Umayyah adalah salah satu dinasty islam yang pertama setelah masa Khulafurasyidin .

Universitas Gunadarma


Tidak ada komentar:

Posting Komentar