Nama : Yoga Adi Pratama
Npm : 17212815
Kelas : 3EA02
Matkul : Perilaku Konsumen#
MAKALAH
GAYA HIDUP , SIKAP KONSUMEN DAN TREND .
BAB
I
PENDAHULUAN
Dengan meningkatnya gaya hidup masyarakat
pada zaman modern ini yang terjadi akibat adanya berbagai pengaruh yang muncul
dalam masyarakat yang mempengaruhi cara berpikir seseorang , cara berpakaian ,
cara berucap , dan cara bersosialisasi terhadap sekitarnya . Jelas sekali bahwa
Gaya Hidup dalam masyasrakt di suatu wilayah atau negara tertentu merubah sikap
konsumen dan mengikuti trend yang berkembang pada saat ini . Pemahaman akan
Sikap Konsumen atau Perilaku Konsumen adalah tugas penting bagi para pemasar
. Para Pemasar harus mencoba memahami perilaku pembelian konsumen yang
mengikuti trend yang dari masa ke masa terus berubah sesuai perkembangan zaman
. Seperti tahun 2014 ini , konsumen tidak perlu menguras tenaga untuk
mengunjungi tempat yang menjual produk yang diinginkannya , karena hanya dengan
melalui pesan singkat , email atau memesan melalui internet atau jejaring
sosial konsumen sudah bisa mendapatkan poduk yang diniginkannya . Benar- benar
praktis kan teman-teman .
1.2
Rumusan Masalah
a. Pengertian Gaya Hidup ?
b. Pengertian
Perilaku Konsumen ?
c. Trend
Masyarakat 2014 .
1.3 Tujuan
Mengetahui Gaya
Hidup , Sikap Konsumen dan trend 2014 .
BAB II
PEMBAHASAN
Pengertian Gaya
Hidup
Gaya hidup merupakan gambaran bagi setiap orang yang
mengenakannya dan menggambarkan seberapa besar nilai moral orang tersebut dalam
masyarakat disekitarnya. Atau juga, gaya hidup adalah suatu seni yang
dibudayakan oleh setiap orang. Gaya hidup juga sangat berkaitan erat dengan
perkembangan zaman dan teknologi. Semakin bertambahnya zaman dan semakin
canggihnya teknologi, maka semakin berkembang luas pula penerapan gaya hidup
oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Dalam arti lain, gaya hidup dapat
memberikan pengaruh positif atau negatif bagi yang menjalankannya. Yah,
tergantung pada bagaimana orang tersebut ngejalaninnya.
Bisa kita saksikan sendiri gaya hidup zaman sekarang sangat
bergantung pada teknologi modern , seperti Handphone(HP) , Gadget , Android
dll. Mungkin bisa di katakan tanpa semua teknologi itu kita tidak bisa hidup di
zaman sekarang ini . Bahkan ada kasus yang di kabarkan melalui salah satu media
massa , bahwa ada remaja sampai rela menaiki tower hanya untuk mendapatkan
sinyal untuk internetan dan menghebohkan seluruh warga sekitar yang berada
dekat dengan tower itu. Sangat ironis bukan hanya untuk internetan atau membuka
jejaring sosialnya si remaja tersebut sampai membahayakan nyawanya sendiri dan
membuat panik orang sekitarnya .
Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang
berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta
pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku
konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan
pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses
pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga
jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan
pertimbangan yang matang .
Sikap Konsumen Remaja ini sangat tergantung dengan kepraktisan
yang tersedia oleh kemajuan teknologi yang ada saat ini . Dengan sibuknya masyarakat sekarang dengan
padatnya pekerjaan yang mereka lakukan sehingga kehilangan waktu untuk
mengunjungi langsung tempat yang memasarkan dan menjual produk yang
diinginkannya , maka mereka mengharapkan kepraktisan serta fasilitas yang
membuat mereka lebih mudah mendapatkan produk-produk dan jasa yang mereka
butuhkan . Itu jelas sangat membantu masyarakat zaman modern ini .
Trend 2014
Yang menjadi trend saat ini untuk para konsumen adalah pesan-antar
produk konsumsi melalui nomor telepon, email, jejaring sosial dsb . Dan
transaksi jual-beli barang dan jasa melalui website-website yang tersedia .
Sehingga mereka tidak perlu lelah menguras tenaga dan waktu untuk itu .
Sangat-sangat praktis bukan , hanya tinggal duduk-duduk santai menunggu di
rumah masing-masing.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan dan saran
Zaman sekarang tanpa teknologi seseorang sangat terkucilkan
dan tidak meiliki akses yang luas . Tetapi kita pun harus lah berhati-hati
dalam memesan, membeli, atau menjual barang dan jasa melalui media sosial dan
website-website yang tersedia . Karena banyak sekali penipuan yang terjadi
remaja ini.
Daftar
Pusaka
Universitas Gunadarma |
0 komentar:
Posting Komentar