Minggu, 05 Oktober 2014

Perilaku Konsumen : Makalah Gaya hidup , Sikap Konsumen dan Trend 2014 .

Nama  : Yoga Adi Pratama
Npm     : 17212815
Kelas    : 3EA02
Matkul  : Perilaku Konsumen#


MAKALAH GAYA HIDUP , SIKAP KONSUMEN DAN TREND .


BAB I

PENDAHULUAN



Dengan meningkatnya gaya hidup masyarakat pada zaman modern ini yang terjadi akibat adanya berbagai pengaruh yang muncul dalam masyarakat yang mempengaruhi cara berpikir seseorang , cara berpakaian , cara berucap , dan cara bersosialisasi terhadap sekitarnya . Jelas sekali bahwa Gaya Hidup dalam masyasrakt di suatu wilayah atau negara tertentu merubah sikap konsumen dan mengikuti trend yang berkembang pada saat ini . Pemahaman akan Sikap Konsumen atau Perilaku Konsumen adalah tugas penting bagi para pemasar . Para Pemasar harus mencoba memahami perilaku pembelian konsumen yang mengikuti trend yang dari masa ke masa terus berubah sesuai perkembangan zaman . Seperti tahun 2014 ini , konsumen tidak perlu menguras tenaga untuk mengunjungi tempat yang menjual produk yang diinginkannya , karena hanya dengan melalui pesan singkat , email atau memesan melalui internet atau jejaring sosial konsumen sudah bisa mendapatkan poduk yang diniginkannya . Benar- benar praktis kan teman-teman .

1.2 Rumusan Masalah

a. Pengertian Gaya Hidup ?

b. Pengertian Perilaku Konsumen ?

c. Trend Masyarakat 2014 .

1.3 Tujuan

Mengetahui Gaya Hidup , Sikap Konsumen dan trend 2014 .





BAB II

PEMBAHASAN



Pengertian Gaya Hidup

Gaya hidup merupakan gambaran bagi setiap orang yang mengenakannya dan menggambarkan seberapa besar nilai moral orang tersebut dalam masyarakat disekitarnya. Atau juga, gaya hidup adalah suatu seni yang dibudayakan oleh setiap orang. Gaya hidup juga sangat berkaitan erat dengan perkembangan zaman dan teknologi. Semakin bertambahnya zaman dan semakin canggihnya teknologi, maka semakin berkembang luas pula penerapan gaya hidup oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Dalam arti lain, gaya hidup dapat memberikan pengaruh positif atau negatif bagi yang menjalankannya. Yah, tergantung pada bagaimana orang tersebut ngejalaninnya.

Bisa kita saksikan sendiri gaya hidup zaman sekarang sangat bergantung pada teknologi modern , seperti Handphone(HP) , Gadget , Android dll. Mungkin bisa di katakan tanpa semua teknologi itu kita tidak bisa hidup di zaman sekarang ini . Bahkan ada kasus yang di kabarkan melalui salah satu media massa , bahwa ada remaja sampai rela menaiki tower hanya untuk mendapatkan sinyal untuk internetan dan menghebohkan seluruh warga sekitar yang berada dekat dengan tower itu. Sangat ironis bukan hanya untuk internetan atau membuka jejaring sosialnya si remaja tersebut sampai membahayakan nyawanya sendiri dan membuat panik orang sekitarnya .



Perilaku Konsumen

Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang .

Sikap Konsumen Remaja ini sangat tergantung dengan kepraktisan yang tersedia oleh kemajuan teknologi yang ada saat ini  . Dengan sibuknya masyarakat sekarang dengan padatnya pekerjaan yang mereka lakukan sehingga kehilangan waktu untuk mengunjungi langsung tempat yang memasarkan dan menjual produk yang diinginkannya , maka mereka mengharapkan kepraktisan serta fasilitas yang membuat mereka lebih mudah mendapatkan produk-produk dan jasa yang mereka butuhkan . Itu jelas sangat membantu masyarakat zaman modern ini .



Trend 2014

Yang menjadi trend saat ini untuk para konsumen adalah pesan-antar produk konsumsi melalui nomor telepon, email, jejaring sosial dsb . Dan transaksi jual-beli barang dan jasa melalui website-website yang tersedia . Sehingga mereka tidak perlu lelah menguras tenaga dan waktu untuk itu . Sangat-sangat praktis bukan , hanya tinggal duduk-duduk santai menunggu di rumah masing-masing.



BAB III

PENUTUP



Kesimpulan dan saran

Zaman sekarang tanpa teknologi seseorang sangat terkucilkan dan tidak meiliki akses yang luas . Tetapi kita pun harus lah berhati-hati dalam memesan, membeli, atau menjual barang dan jasa melalui media sosial dan website-website yang tersedia . Karena banyak sekali penipuan yang terjadi remaja ini.



Daftar Pusaka








Universitas Gunadarma









Tidak ada komentar:

Posting Komentar